KAPAL OTOK "MODERN"





Hai lurd, kulo nuwun sahabatku semua. Semoga diasaat sahabat membuka blog ini sahabat dalam keadaan yang sehat dan pastinya suasana hati sahabat bahagia. Buat sahabat yang lagi sakit semoga lekas sembuh dan buat sahabat yang lagi banyak masalah semoga dengan membuka blog ini sahabat langsung bahagia bisa tersenyum lagi. Kali ini aku mau membagikan tips membuat kapal-kapalan dari bahan bekas yang pastinya mudah, hemat, dan bahan-bahannya pasti dapat sahabat temukan dimana-mana. tetapi berhubung ini tugas dari guru saya prakarnya. jadi, saya harus tampilkan beberapa ulasan sedikit biar kalian tahu juga pastinya.
Kompetensi Dasar :
4.1 Mendesain produk karya kerajinan fungsi hias dari berbagai bahan limbah  berdasarkan konsep berkarnya.
4.3 Menciptakan hasil karya kerajinan fungsi hias dari berbagai bahan limbah sesuai teknik dan prosedur.

Ulasan/opini : Di dalam pembelajaran Prakarya Kewirausahaan kali ini bab mendesain dan membuat produk kerajinan karya hias dari berbagai bahan limbah berdasarkan konsep prakarya. Disini saya memanfaatkan bahan bekas yaitu kertas styrofoam dan kaleng minuman bersoda untuk dibuat kerajinan "Kapal Otok Modern" unik dan menarik yang juga berfungsi untuk bermain di waktu luang. Kapal otok adalah mainan yang familiar apalagi bagi anak anak hingga kalangan remaja. Dapat memnghilangkan kejenuhan di sela-sela kepadatan dunia pendidikan saat ini. Dengan menggunakan sebuah styrofoam bekas dapat dibuat sebuah kerajinan tangan yang memiliki kegunaan serta tampilan yang menarik dan juga dapat digunakan sumber penghasilan. Buat rinciannya ada di bawah sini.

Alat dan Bahan :
- Styrofoam
- Kaleng minuman bersoda
- Gunting
- Lem tembak
- Cat -Kabel
-Saklar
-Baterai
-Dinamo tamiya bekas
-Solatip
- Penggaris
- Cutter
- Pensil
- Penghapus
Cara membuat : 1. Siapkan alat dan bahan yang dibutuhkan.
2. Stryfoam Sesuai Ukuran Yang Diinginkan.
3. Kemudian Buatlah Pola Sesuai Yang Diinginkan. Kalau Aku Sih Sukanya Yang Kotak-Kotak.
4. Lanjutkan Dengan Memotong Pola Yang Sudah Dibuat Dengan Cutter Agar Lebih rapi.
5. Kemudian kita membuat rancangan listriknya.
6. Kita buat sistem listrik dengan menggabungkan baterai, saklar, kabel, dan dinamo.
7. Selanjutnya kita pasangkan rangkaian listrik di styrofoam.
8. Setelah itu kita rekatkan 2 bagian styrofoam.
9. Tunggu samapi kedua bagian stryfoam rekat.
10. Kapal otok siap dimainkan.


Nah, itu tadi cara membuat kapal otok yang mudah hemat dan gak butuh waktu yang lama untuk membuatnya. Bagi kalian yang ingin mencoba dirumah semoga berhasil dan mungkin bisa lebih bagus dari yang aku buat. Hati-hati juga buat kalian yang pakai lem tembak jangan sampai kenak lem tangannya. Panasss .... oke, sekian dulu ya dulurku sahabatku semua bagi-bagi tipsnya. Insyaallah jika ada waktu lagi aku akan buat yang lain atau mungkin blog ini akan diisi dengan tema yang lain. nunggu tugas dari guru saya dulu soalnya. hehehe.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

DAK